PTK Guru

Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu upaya dari pihak terkait khususnya guru sebagai pengajar untuk meningkatkan atau memperbaiki proses belajar kearah tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran itu sendiri. Penelitian tindakan kelas memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran apabila di implementasikan secara baik dan benar. maksud diimplementasikan dengan baik dan benar disini adalah pihak yang terlibat mencoba dengan sadar menegmbangkan kemampuan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran melalui tindakan bermakna yang diperhitungkan dapat memecahkan masalah atau memperbaiki situasi dan kemudian mencermatinya dan selanjutnya mengukur tingkat keberhasilannya.
Mengapa harus Penelitian Tindakan Kelas?

  • Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dapat ditempuh melalui berbagai upaya yaitu melalui pembenahan isi kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa, penyediaan bahan ajar yang memadai, penyediaan sarana belajar, dan peningkatan kualitas guru.
  • Kurang terlibatnya guru dalam kegiatan penelitian pendidikan
  • Penelitian yang ada sekarang kurang bermanfaat
  • Kegiatan penelitian merupakan bagian integral dari tugas profesional guru.
  • Penelitiannya langsung bersentuhan dengan proses belajar mengajar
  • Hasilnya langsung dapat terlihat dan perlakuan strategi model pembelajaran langsung dipraktekkan
Penelitian Tindakan Kelas merupakan momok yang menakutkan bagi guru-guru, bukan karena tidak sanggup melakukan PTK tetapi tidak tau harus memulai dari mana. Kalau runtutannya dipahami maka PTK akan menjadi sesuatu yang mengasyikkan bagi guru dalam melakukan proses belajar mengajar. Untuk mendapatkan petunjuk lengkap melakukan PTK klik disini